UMKM Inapie Surabaya, Memulai Usaha Dengan Modal Hanya Rp 100 Ribu

UMKM Inapie Surabaya, Memulai Usaha Dengan Modal Hanya Rp 100 Ribu

Surabaya -- Pie susu merupakan salah satu camilan khas dari Bali. Namun karena banyaknya peminat, kue bertekstur renyah sekaligus empuk itu juga diproduksi di luar daerah asalnya.

Di Surabaya, produsen pie susu yang cukup terkenal adalah Inapie. Dahliana Artis Magrista Tuhuteru adalah owner dari label pie susu tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Ina itu memaparkan, Inapie dimulai sejak 2010 lalu. Menjadi orangtua tunggal adalah dorongan terkuat Ina, mencoba belajar membuat kue.

"Karena tuntutan ekonomi ya, akhirnya saya belajar bikin kue ke ibu saya. Kebetulan kalau ibu sudah sejak 1974 punya usaha kue," ujar Ina.

Bermodalkan Rp 100 ribu, ia membeli bahan untuk membuat kue. Ide membuat pie susu berasal dari sang buah hati yang waktu itu baru pulang dari Bali.

Kue pie pun menjadi produk utama yang diproduksi Ina. Sembilan tahun berjalan, kini Inapie memiliki 15 varian produk kue pie yang sudah berdar di pasaran.

Inapie bahkan menjadi pelopor kue pie tuna asap di Surabaya. Dijelaskan Ina, cara membuatnya sama seperti membuat pie susu pada umumnya.

Hanya, untuk mengolah ikannya, perlu sesikit bersabar. Pasalnya, ikan harus dibersihkan dari duri-durinya dulu, baru diolah, lalu dimasak.

Setelah itu, ikan yang sudah diolah didinginkan, lalu disimpan di lemari es. Kalau mau dipakai baru dikeluarkan.

Perempuan kelahiran 1974 itu pun memaparkan, Inapie pernah beberapa kali mengikuti perlombaan dan memperoleh juara.

Diantaranya, pada ajang food startup 2017, Inapie masuk kedalam 25 besar se Indonesia. Di ajang Foodpreneur Bogasari 2018, Inapie meraih juara 1. {Tribun}

 

Artikel Terkait