Selayang Pandang

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama’ (LPNU) adalah pelaksana kebijakan NU di bidang perekonomian, yang bergerak dan berperan aktif dalam mengembangkan perekonomian umat khususnya warga NU untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

LPNU bertekad menjadi salah satu lembaga swadaya masyarakat yang istiqomah kepada pemberdayaan UMKM dan peduli terhadap ekonomi Islam serta memiliki akses informasi yang luas.

Dikarenakan LPNU adalah sebuah lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama’ yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dan memiliki pengikut atau penganut yang sangat besar, tentunya dalam menjalankan tugasnya LPNU akan memprioritaskan “warga NU” yang masih mengalami kehidupan perekonomian yang sulit khususnya yang berada di pedesaan atau daerah terpencil. Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan LPNU akan melayani masyarakat Indonesia yang lainnya.

LPNU berpotensi besar dalam mensosialisasikan dan mengembangkan UMKM berbasis syariah di Indonesia. Bukan saja didasarkan pada jumlah warga nahdliyin yang berjumlah lebih dari seperempat penduduk Indonesia tetapi juga karena pengalaman selama krisis ekonomi telah menunjukkan bahwa sistem ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi yang dapat bertahan dalam krisis ekonomi dan dapat berperan lebih baik dari sistem konvensional.

Selain itu juga LPNU akan menjadi jembatan penghubung antara pengusaha dengan lembaga-lembaga pemberi modal untuk mendapatkan modal. Cara kerjanya adalah antara LPNU membantu dan melatih mengelola UMKM yang benar, memasarkan produk, melatih mengelola keuangannya dan lain-lain.