Kolaborasi Dengan Rumah Kriya Paris, Dekranasda Jatim Buka Pasar Eropa

Kolaborasi Dengan Rumah Kriya Paris, Dekranasda Jatim Buka Pasar Eropa

Surabaya -- Berbagai cara dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur untuk mengenalkan produk unggulan ke mancanegara. Salah satunya dengan menggandeng perusahaan dari Paris, Prancis, Ithemba Design Ethik, bergerak di bidang kerajinan tangan.

"Kerjasama ini untuk membuka pasar Eropa bagi pengrajin dari Jatim. Sehingga produk asal Jatim bisa bersaing ke mancanegara," kata Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin saat meninjau stand UMKM Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya, Selasa, 8 Oktober 2019.

Arumi menjelaskan kerjasama itu untuk mengetahui peluang pasar kerajinan tangan di Eropa. Apalagi di Ithemba, Prancis, banyak bergerak di bidang furniture.

"Saya ingin kerjasama ini, supaya pengrajin Jatim punya perspektif nilai jual yang dihargai pembeli Eropa, bisa bersaing," jelas Arumi.

Menurut Arumi selama ini pengrajin di Indonesia khususnya Jatim, kesulitan memasarkan produk kriya, atau kerajinan tangannya ke Eropa. Ternyata, bukan karena kualitas produk yang buruk.

"Jadi lebih soal mata dan taste (rasa). Kualitas produk kita tidak jelek. Masalahnya di desain. Taste itu tidak bisa kita beli. Makanya kita kolaborasi dengan praktisi yang tinggal di sana," pungkas Arumi.

Pemprov Jatim resmi menggelar pameran Jatim Fair ke-10 di Grand City Surabaya, mulai 8-13 Oktober 2019. Pameran yang diikuti 540 UMKM itu ditarget membukukan Rp100 miliar. {Medcom}

Artikel Terkait