Dari Pabrik di Tuban, Menteri Kelautan Berangkatkan Ekspor Olahan Ikan

Dari Pabrik di Tuban, Menteri Kelautan Berangkatkan Ekspor Olahan Ikan

Tuban  -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tuban dengan langsung mengunjungi pabrik pengolahan ikan PT Kirana Food Internasional yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Rabu (8/7/2020).

Kunjungan Menteri Edhy disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar. Setelah melihat proses pengolahan ikan di pabrik Kirana Food, Edhy Prabowo langsung memberangkatkan ekspor olahan ikan laut.

Saya melihat langsung proses pengolahan ikan sampai ke ekspor. PT Kirana Food Internasional sudah enam bulan beroperasi, dan hari ini memberangkatkan kontainer ekspor ke-87, 88, 89, dan ke-90,” terang Edhy Prabowo.

Edhy menyatakan, potensi hasil laut Indonesia yang sangat luar biasa akan terus dipantau. Selain itu juga didorong terus agar bermanfaat untuk kepentingan negara dan masyarakat. “Semua hasil laut, termasuk dari Tuban yang bisa membantu produksi bisa masuk untuk dikembangkan lagi. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia harus dibangun kembali secara cepat dan tepat,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein di hadapan Menteri Kelautan menyatakan bahwa saat ini keberadaan pabrik olahan ikan itu mampu merekrut sekitar 80 persen tenaga lokal. Wabup mengatakan bahwa perusahaan pengolahan hasil laut ini telah merekrut 1.041 karyawan.

“Untuk pajak, langsung dibayarkan di Tuban. Termasuk juga bahan baku Kirana Food juga banyak dari potensi laut Tuban. Saya lihat di dalam, udang minimal ukuran 100 dari lokalan Tuban sudah banyak yang masuk di sini. Jadi tidak harus pengusaha udang berskala besar, warga lokal pun bisa memasok karena ukurannya tidak terlalu besar,” jelas Noor Nahar. {beritajatim.com}

Artikel Terkait