Bupati Bondowoso: Bazar Ramadhan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Bupati Bondowoso: Bazar Ramadhan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Bondowoso - Drs KH Salwa Arifin menyebutkan, bahwa Bazar Ramadhan tahun 2019. Tidak lain, hanya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Bondowoso.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi pembukaan Bazar Ramadhan 2019, di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Selasa (7/5/2019).

Kunjungan bupati ditemani Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Pj Sekda Agung Tri Handono, dan kepala OPD terkait. “Diselenggarakannya Bazar Ramadhan setiap tahunnya, yakni untuk menggeliatkan ekonomi di wilayah Bondowoso. Sekaligus, menjadi lokasi wisata kuliner jelang berbuka puasa,” kata Bupati Salwa.

Dijelaskannya juga, bahwa dipindahnya Bazar Ramadhan tahun ini lantaran antusiasme masyarakat cukup tinggi.

“Sehingga di lokasi sebelumnya, di depan kantor Disparpora tidak mencukupi,” jelas bupati yang juga seorang kyai tersebut.

Di lokasi yang sama, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, menjelaskan bahwa Bazar Ramadhan ini merupakan bagian dari menyentralkan UMKM di Bondowoso dengan momen Ramadhan.

Menurutnya, perputaran uang dari bazar sebelumnya yakni mencapai Rp 2,5 milliar. Tahun ini dengan jumlah 136 pelaku usaha, dengan perkiraan rata-rata satu stand bisa menghasilkan Rp 2 juta. Maka diperkirakan sekitar Rp 269 juta perhari.

"Kalau dalam waktu 25 hari sudah saya target sekitar Rp 5 milliar uang yang beredar. Inilah cara kita menggerakan UMKM, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan cara-cara semacam ini," sambungnya, seperti yang dikutip dari TIMESJatim.

Irwan juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut akan masuk di agenda Ijen Festival. Termasuk akan dibuatkan secara sentral melalui Bondowoso Convention Center di Stadion, dan nantinya akan dipermanenkan.

Sementara itu, Sinta Agustin, Ketua Paguyuban Pelaku Ekonomi di Bazar Ramadhan, menuturkan bahwa jumlah peserta bazar tahun ini meningkat drastis. Tahun lalu, ada 80 pelaku ekonomi, tahun ini mencapai 120 penjual. "Kalau dulu hanya bazar makanan. Kini, juga ada stand fashion juga," sambungnya.

Diakuinya, kegiatan tahunan ini merupakan sinergi antara Disparpora dan Diskoperindag. Di samping itu, pemerintah melalui berbagai dinas yang terlibat turut menjadi fasilitator dalam penyelenggaraan bazar tersebut.

Pantauan di lapangan, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, menyempatkan diri berbincang-bincang dengan penjual di Bazar Ramadhan tahun 2019. Mulai menanyakan harga, hingga penjualan. {12N}

Artikel Terkait